BERANDA

Kamis, 07 Agustus 2014

Lampu CPU menyala namun gambar tak keluar

Haloo Sobat, lama saya tidak tampil karena kesibukan lain...kembali saya mau berbagi pengalaman dalam hal kendala pada komputer tentang CPU Komputer dan lampu CPU menyala namun Gambar Di Monitor tidak muncul. ada beberapa penyebab terjadi nya hal ini, dan disini akan saya sampakian beberapa hal mendasar untuk mengecek nya :  

Pemeriksaan Kabel. 
  1. Periksa kabel sambungan dari Listrik AC ke Monitor anda, kemungkinan longgar atau tidak terpasang sama sekali.
  2. Periksa kabel yang terhubung ke soket VGA komputer sudah terhubung dengan baik dan benar atau tidak. 
  3. Periksa pin dari kabel konektor VGA ke monitor, apakah ada pin yang bengkok atau tidak, Jika memang ada yang bengkok coba luruskan dan tancapkan lagi ke slot VGA Card CPU lalu hidupkan komputer anda. 
  4. Periksa sambungan kabel dari power supply ke mother board, mungkin longgar atau tidak terpasang (Kabel tersebut bentuknya kotak kecil dan dipasang pada posisi samping prosesor) Setelah pemeriksaan selesai dilakukan dan kondisi sudah terpasang dengan baik dan benar sesuai pada tempat nya, maka langkah berikut nya memeriksa komponen komputer tersebut (Hardware).
Mari kita cek Harware CPU komputer dengan membuka casing terlebih dahulu, lalu cek satu persatu mulai dari :
  • Coba copot ram lalu bersihkan dengan hapusan pensil lempengan kuning pada RAM, mungkin jamur atau debu bisa menyebabkan RAM tidak berfungsi dengan baik. bila sudah coba pasang kembali, bila ram berfungsi dengan baik lalu cek perangkat lain. 
  • Cek VGAbila memakai VGA card, coba periksa VGA card apakah sudah terpasang dengan baik, kalau kendor coba pasang dengan benar, sambil perhatikan kondisi keyboard ketika dinyalakan komputernya apakah lampu mouse dan keyboard menyala dengan baik,bila mouse dan keyboard normal dan bunyi bip 1x kali maka VGA yang tidak berfungsi. untuk anda yang memakai VGA onboard coba cek dengan VGA card yg tidak on board 
  • Cek processor dengan cara pegang logam yg menempel pada kipas prosesor apakah panas. bila panas berarti kipasnya sudah lemah atau mungkin tidak kuat menahan panas processor. pasang gel pendingin dan pastikan kipas berfungsi maksimal. 
  • Bila RAM, VGA dan kipas prosesor berfungsi baik, maka selanjutnya kita cek ke motherboard. biasa nya ini langkah terakhir sebab mainboard bisa rusak akibat panas berlebih, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada chipset motherboard dan chipset vga onboard yang ada pada motherboard. Demikian langkah dasar pengecekan komputer ketika CPU menyala namun tidak keluar gambar pada layar monitor, dengan asumsi komputer dipakai secara normal (end user).
Semoga hal ini dapat berguna untuk komputer pribadi kita ketika mengalami hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar